Multicursor - Working In Background

Senin, 30 September 2013

Mengenal Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi komputer merupakan sumber daya yang menghubungkan antara user atau pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer dan menyediakan layanan (system calls) ke pemakai sehingga mempermudah penggunaan serta pemanfaatan sumber daya sistem komputer.
Untuk mengenal sistem operasi komputer dengan baik kita harus mengetahui fungsi dasar dari perangkat keras, program aplikasi, sistem operasi sendiri dan juga para pengguna komputer. Fungsi perangkat keras sendiri sebagai masukan, kluaran dan juga menjadi alokasi memori. Sedangkan sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara program aplikasi dan perangkat keras komputer.
Mengenal Sistem Operasi Komputer
Mengenal Sistem Operasi Komputer
Sementara program aplikasi menentukan bagaimana cara sumber daya sistem dapat di gunakan untuk menyelesaikan permasalahan komputer dari user seperti assembler, loader, linker, compiler. Dan user atau pengguna adalah orang, mesin atau bisa juga komputer lain yang mengunakan sistem tersebut.
untuk mengenal Sistem operasi komputer kita harus mengerti tentang definisi Resource allocator, program control dan juga kernel.
Resource allocator adalah sistem operasi yang mengatur dan mengalokasikan sumber daya – sumber daya dari sistem komputer.
Program control Adalah sistem operasi yang melakukan control atau eksekusi dari sebuah program user dan operasi input maupun output.
Kernel Merupakan suatu program yang berjalan sepanjang waktu (selain program aplikasi).

Mengenal sistem operasi komputer

Batch system
Yaitu job yang dilakukan dalam satu rangkaian yang seterusnya akan di eksekusi secara berurutan. System ini ada pada generasi kedua yang berfungsi FMS ( Fortarn Monitoring System ) dan IBSYS.
Multiprogramming
Beberapa tugas yang disimpan dalam memori dalam satu waktu. Pada system multiprogramming sistem operasi harus menyediakan mekanisme untuk managemen memori , penjadwalan dan juga managemen disk.
Time sharing
Adalah etode dimana memperbolehkan banyak pengguna untuk mengunakan komputer secara interaktif atau dapat melakukan prosesing dalam satu komputer. Time sharing atau multitasking adalah pengembangan dari system multiprogram.
Paralel (multiprocessor)
Merupakan metode yang menggunakan lebih dari satu CPU yang mempunyai hubungan yang erat. System ini juga di sebut dengan multiprosesor, juga sering digunakan adalah model symmetric multi prosesing di mana setiap prosesor menjalankan system operasi yang identik.
Terdistribusi
Merupakan tren system computer saat ini yang mendistribusikan komputasi di antara beberapa prosesor.
Cluster
Sistem terklaster (clustered system ) adalah pengembangan dari sistem terdistribusi. Sistem ini mempunyai kehandalan sistem yang tinggi seperti pada sistem terdistribusi. Sistem terklaster dapat berupa model asymmetric clustering dimana satu sumber menjalankan aplikasi sementara server lainnya standby. Model lainnya adalahsymmetric clustering dimana semua host menjalankan aplikasi.
Real time
System real-time mempunyai dua bentuk yaitu hard real-time dan soft real-timeHard real-time seringkali digunakan sebagai alat pengontrol aplikasi yang dedicated dan mempunyai batasan waktu yang tepat dan didefinisikan dengan baik. Sedangkan soft real-time mempunyai sedikit batasan waktuyang keras dan tidak mendukung penjadwalan dengan menggunkan batasan akhir.
Handheld
sekitar tahun 1990-an dikembangkan sistem yang lebih kecil dari mikrokompuer yang disebut dengan sistem handheld dalam bentuk personal digital assistants (PDA). Pada beberapa sistem terdapat telepon selular. Sistem ini mempunyai memory yang terbatas, prosessor dengan kecepatan rendah dan display screen yang kecil.
Tujuan dari adanya informasi tentang mengenal sistem operasi komputer adalah agar dapat mempelajari sistem operasi dan dapat merancang sistem operasi yang telah ada sesuai dengan kebutuhan kita, agar dapat memilih alternatif sistem operasi, memaksimalkan penggunaan dan menerapkan konsep-konsep dan teknik sistem operasi kepada aplikasi-aplikasi komputer.

0 komentar:

Posting Komentar